Sitemap | Announcement | Privacy Policy

Lapisan struktur MATAHARI

Shared :
Lapisan struktur MATAHARI
struktur lapisan matahari
Lapisan struktur MATAHARI
Pada dasarnya Matahari adalah sebuah    bintang, sekaligus  merupakan anggota  Tata Surya terbesar. 99,85 massa Tata Surya  terkumpul di Matahari.   Wujud Matahari adalah  bola gas raksasa yang    berpijar dan sangat    panas! Berpijarnya Matahari disebabkan oleh terjadinya reaksi fusi nuklir   pada intinya. Struktur  Matahari terdiri dari inti   dan tiga lapisan kulit, yaitu fotosfer, kromosfer,       dan korona.
INTI
Merupakan bagian terdalam matahari. Suhu dibagian ini diperkirakan mencapai 15.000.000 °C , reaksi fusi nuklir berlangsung di lapisan ini. Energi hasil reaksi fusi dipancarkan keluar secara radiasi.

FOTOSFER (LAPISAN CAHAYA)
FOTOSFER merupakan permukaan matahari. Tebalnya kurang lebih 500km. FOTOSFER disebut juga lapisan cahaya karena kuatnya cahaya yang dipancarkan oleh lapisan ini. Suhu rata-rata FOTOSFER diperkirakan antara 4.000 -5.500 °C. Sebagian besar radiasi matahari yang dilepaskan berasal dari lapisan ini.

KROMOSFER
Kromosfer merupakan lapisan gas diatasi fotosfer , tebalnya sekitar 2.000 Km. Sering disebut sebagai lapisan matahari. Suhu kromosfer dilapisan bawah (dekat fotosfer) di perkirakan sekitar 4.100 °C. Semakin keatas , suhu kromosfer semakin tinggi. Pada lapisan yang paling atas suhu kromosfer diperkirakan mencapai 24.500 °C .
Kromosfer hanya bisa dilihat pada saat terjadinya gerhana matahari total. Pada saat itu kromosfer akan terlihat seperti gelang atau cincin yang berwarna merah.

KORONA
Korona merupakan lapisan matahari yang paling luar. Lapisan ini sering juga disebut sebagai lapisan atmosfer matahari bagian luar.
Korona  merupakan lapisan gas yang sangat tipis. Disebut korona yang artinya mahkota. Karena gas tersebut sering nampak seperti mahkota putih cemerlang yang mengelilingi matahari. Bentuk korona selalu berubah-rubah. Tebal korona diperkirakan mencapai 2.5juta Km. Adapun suhunya diperkirakan mencapai 1.000.000 °C. Korona dapat diamati setiap saat dengan teleskop.
Teleskop yang digunakan untuk mengamati korona disebut koronagraf.


0 komentar "Lapisan struktur MATAHARI", Baca atau Masukkan Komentar