Sitemap | Announcement | Privacy Policy

Siapa Penemu Robot - Al Jazari

Ditulis oleh: -
Shared :
Siapa Penemu Robot - Al Jazari
 
Al Jazari si Penemu Robot
Al Jazari si Penemu Robot




Kisah Al Jazari si Penemu Robot - Robot adalah sebuah mahakarya yang sangat brilian. Tentunya kalian semua pernah melihat film film yang bertemakan tentang robot bukan? Apa film robot yang suka kamu tonton? Iam Robot? Chappie? Robocop? Wall-E? Wah tentunya banyak sekali ya film-film robot dan juga sangat berkualitas filmnya. Namun perlu diketahui, tanpa adanya penemu robot yang bernama Al-Jazari, maka film-film tentang robot itu mungkin tidak ada.

Al-Jazari ini adalah seorang jenius yang berasal dari Arab. Dia adalah seoran Muslim tentunya. Orang yang bernama lengkap Abū al-'Iz Ibn Ismā'īl ibn al-Razāz al-Jazarī ini adalah seorang ilmuwan asal Al-Jazira, Mesopotamia yang hidup di abad pertengahan masehi.

Al-Jazari adalah seorang insinyur yang sangat cerdas, dia ahli di bidang Matematika dan juga ilmu kerajinan atau kesenian. Al-Jazari adalah seorang penulis buku Kitab fí ma'rifat al-hiyal al-handasiyya, atau dalam bahasa Indonesia adalah Buku Pengetahuan Ilmu Mekanik.

Berkat buku yang di tulis oleh Al-Jazari yang berjudul The Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices, Al-Jazari ini memperkenalkan sekitar 100 alat yang berbasis teknologi mekanik serta ada juga tata cara untuk membuatnya. Sehingga banyak orang-orang barat dan juga orang Eropa yang mempelajari buku ini sehingga ini adalah awal atau cikal bakal dari pembuatan sebuah robot.
Sampai saat ini, para ahli masih meyakini bahwa buku Al-Jazari inilah yang paling lengkap atau terlengkap dan juga mempunyai informasi yang penting, baik dari seni desain, manufaktur, hingga perakitan. Ini adalah bukti bahwa karya Al-Jazari ini tidak hanya menggabungkan dari ilmu Arab saja, melainkan juga mencampur dengan ilmu.

Salah satu penemuan Al-Jazari yang paling terkenal adalah The Elephant Clock yang artinya jam gajah. Karya tersebut adalah gabungan dari jam hidrolik yang bentuknya gajah, kemudian di atas gajah tersebut ada dekorasi unik yang bentuknya tenda mini yang menjadi tempat komponen jam sehingga patung-patung yang bergerak dan akan berbunyi setiap setengah jamnya.


Hingga saat ini perkembangan teknologi robot terus menerus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi, bahkan ada robot yang diciptakan mirip dengan manusia. Robot sekarang ini banyak digunakan untuk membantu pekerjaan manusia hingga sangat bermanfaat selain itu robot juga banyak digunakan untuk keperluan berbagai bidang seperti bidang militer, industri atau kesehatan. dan dunia saat ini memberikan penghargaan besar kepada Al-jazari sebagai penemu dari Robot.
Sumber :http://www.penemu.co

0 komentar "Siapa Penemu Robot - Al Jazari", Baca atau Masukkan Komentar