Sitemap | Announcement | Privacy Policy

Tentang GALAKSI BIMASAKTI

Shared :
Tentang GALAKSI BIMASAKTI

APAKAH GALAKSI?
Galaksi adalah suatu sistem yang terdiri dari banyak bintang. nebula (awan. debu. dan gas), dan materi antarbintang yang terikat oleh gaya gravitasi. Bintang-bintang dalam galaksi dapat berupa bintang sederhana, gugusan bintang, atau sistem bintang. Matahari kito berada dalam galaksi yang disebut galaksi bimasakti. Selain Matahari, terdapat sekitar 200 - 400 miliar bintang lainnya.
Galaksi Bimasakti memiliki bentuk seperti sepiral, yang terdiri dari tiga bagian utama, yaitu pusat galaksi, lengan galaksi, dan halo. Pusat galaksi adalah poros perputaran bagi semua benda-benda langit yang terdapat di galaksi Bimasakti. Pusat galaksi adalah kawasan terdapat dari galaksi. Tata Surya kita termasuk yang berputar mengelilingi pusat galaksi Bimasakti. Tata Surya kita membutuhkan waktu sekitar 226 juta tahun untuk mengelilingi pusat galaksi. Lengan galaksi adalah kawasan terbentuk nya bintang-bintang baru. Selain itu, lengan galaksi juga banyak menyimpan debu dan gas . Bentuk lengan galaksi menyerupai cakram pipih, sehingga para astronom menamainya galaxy disk (cakram galaksi).
Halo adalah kawasan redup dibagian luar yang menyelubungi galaksi. Di kawasan tersebut terdapat dark matter (materi gelap). Diduga, dark matter adalah penyusunan terbesar alam semesta. ASAL-USUL NAMA GALAKSI BIMASAKTI
Galaksi dimana tata Surya kita berada bernama galaksi Bimasakti.
Mengapa sampai disebut sebagai galaksi Bimasakti ? Bagaimana asal-usulnya? Nama Bimasakti sendiri adalah salah satu nama tokoh pewayangan dalam kisah Mahabharata. Digambarkan, Bima adalah sosok gagah perkasa dan berkulit hitam. Istilah Bimasakti muncul karena orang Jawa kuno melihat, jika susunan bintang-bintang yang tersebar di angkasa dihubungkan satu nama lain, akan membentuk gambaran Bima yang sedang dililit ular naga.


NAMA LAIN BIMASAKTI
Dalam bahasa Inggris, galaksi Bimasakti disebut Milky Way (jalan susu). Nama milky way itu sendiri merupakan terjemahan dari bahasa latin via lactela. Nama latin itu disadur dari bahasa Yunani galaxias kyklos yang berarti "lingkaran susu" . Orang Yunani kuno sangat dipengaruhi mitologi, yaitu kisah-kisah tentang kejadian, tempat, atau peristiwa alam yang berhubungan dengan Dewi-Dewi. Kisah metologi galaksi dimulai saat Dewi Hera, istri dewa Zeus menyusui herakles. Herakles adalah anak setengah dewa hasil perkawinan dewa Zeus dengan seorang manusia biasa yang bernama Alcmene. Saat Hera sedang menyusuinya, herakles mengigit puting susunya dengan sangat kuat. Hera yang terkejut kemudian melempar Herakles, hingga air susunya menyembur. Tumpahan susu tersebut kemudian berceceran di langit dan membentuk jalur berkabut seperti susu (Jalan susu).
Demikian sekilas tentang Bimasakti
Dikutip dari beberapa BUKU .

0 komentar "Tentang GALAKSI BIMASAKTI", Baca atau Masukkan Komentar