Sitemap | Announcement | Privacy Policy

Tentang Internet

Ditulis oleh: -
Shared :
Tentang Internet

Kemajuan teknologi didunia komunikasi saat ini ditandai dengan munculnya internet.Internet merupakan sebuah alat yang memungkinkan kita untuk masuk kedalam dunia maya yang tanpa batas .

Berbagai macam informasi dapat kita dapatkan dengan menjelajah internet. Bukan hanya itu saja ,internet memunkinkan kita untuk berbelanjan secara online di toko-toko di seluruh dunia.Internet juga dapat memperluas pegaulan kita dengan setiap orang di seluruh penjuru dunia.

Internet adalah proses komunikasi yang terjadi antara komputer yang satu dengan komputer yang lainnya. dalam proses komunikasi ini di gunakan jalur telepon ,Radio transmitter,satelit, dan media lainnya.Dalam menggukanan Internet, diperlukan suatu perangkat lunak (software) yang dapat menunjang proses komunikasi tersebut.

Penjelajahan kita di dunia maya akan terwujud jika komputer telah terhubung  kestruktur jaringan Global (provider). Jika komputer telah terhubung dengan provider,maka kita dapat menjelajah keseluruh dunia tanpa harus kita pergi kesana.

Penjelajahan ke seluruh dunia itu dapat terjadi dengan  bantuan sebuah alat.Alat itu dinamakan modem.

Modem adalah alat yang menghubungkan komputer dengan telepon alat ini berfungsi untuk mengkonversikan sinyal komputer yang berbentuk digital kesinyal telepon yang berbentuk analog dan sebalinya.

Kita mengenal dua istilah modem,yaitu demodulator dan modulator.

Demodulator adalah alat untuk mengkonversi sinyal analog kesinyal digital
Modulator adalah alat untuk mengkonversi sinyal digital ke sinyal analog.

Ada dua macam hubungan internet yaitu:


  1. Hubungan internet dapat tercipta tanpa harus menggunakan host internet.artinya,kita dapat mengguakan komputer secara langsung karena mempunyai hubungan dengan internet.Dengan itu,system menjadi host internet yang penuh dan menpunyai alamat elektronik sendiri. Lihat Gambar A
  2. Hubungan internet dapat tercipta dengan cara menghubungkan komputer ke sebuah host internet.Misalnya : dalam suatu perusahaan terdapat satu unit Komputer yang berfungsi sebagai Host internet.maka jika komputer-komputer lain ingin mengakses internet,komputer-komputer tersebut harus mengakses terlebih dahulu pada komputer yang berfungsi sebagai host. Lihat Gambar B
Tentang Internet



0 komentar "Tentang Internet ", Baca atau Masukkan Komentar