Sitemap | Announcement | Privacy Policy

Tentang Matahari

Shared :
Tentang Matahari
Matahari sebagai pusat tatasurya

Setiap hari kita melihat matahari terbit dari ufuk timur dan tenggelam di ufuk barat.Pada  malam hari kita dapat melihat bulan dan bintang yang bertaburan dilangit dilaka cuaca cerah.

MatahariDiantara Bumi dan matahari terdapat gaya tarik-menarik yang disebut dengan GRAVITASI. Besarnya gaya gravitasi ini di pengaruhi oleh massa.Oleh karena mass matahari lebih besar daripada  massa Bumi,maka bumi berputar dan beredar mengelilingi matahari untuk mempertahankan diri dari gaya gravitasi matahari.

Bulan berputar mengelilingi bumi untuk mempertahankan diri dari gaya gravitasi bumi,sebab masa bumi lebih besar dari massa bulan.Antara bulan dan matahari pun terdapat gaya gravitasi.

Selain dipengaruhi oleh massa,besar gravitasi pun dipengaruhi oleh jarak.

tatasuryaAdakah benda-benda angkasa lain yang mengitari matahari selain bumi ? Benda angkasa yang mengitari matahari dalam planet,komet,dan astroid.Bumi termasuk kedalam planet.Matahari dan semua benda angkasa yang mengintari disebut tatasurya,pusat tatasurya adalah matahari. Hal ini sesuai dengan teori Heliosentris,yakni teori yang menyatakan bahwa planet-planet mengelilingi matahari,teori ini di kemukakan oleh Nicolaus Copernicus,seorang Asronom Polandia.Teori Heliosentris mematahkan teori geosentris yang menyatakan bahwa bumi sebagai pusat alam semesta,bumi dalam keadaan diam dan planet-planet bergerak mengitarinya.

0 komentar "Tentang Matahari ", Baca atau Masukkan Komentar